Senin, 14 Juli 2008

Manisan Kulit Jeruk Bali

Kayaknya baru musim jeruk bali nih. Itu lho, jeruk yang besarnya hampir se bola volley. Kemarin tanpa sengaja lewat depan Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Mlandhing ini melihat ada yang bongkar muat buah bulat-bulat besar gitu. Aku pikir melon, eh, ternyata jeruk bali. Jadi deh ingat waktu itu aku pernah nyoba bikin manisan dari kulit jeruk bali ini. Nggragas ya? Hehehe….habis, penasaran saja, wong jeruknya enak, mosok kulitnya yang tebal itu tidak bisa dimanfaatkan sih, bahkan kadang cuma jadi mainan kereta-keretaan buat anak-anak yang ditarik-tarik pakai rafia gitu. Pengen nyoba? Rada ribet sedikit, tapi hasilnya oke. Kulit yang semula dibuang, bisa dimanfaatkan. Manisan ini bisa dimakan langsung, tapi kalau mau bisa kita jadikan bahan untuk resep biskuit jeruk 100.

BAHAN:
2 bh kulit jeruk bali
500 gr gula pasir
250 ml airgula kastor

CARA MEMBUAT:
Potong-potong kulit jeruk sebesar jari kelingking. Rendam dengan air 2 jam.
Didihkan air dengan api sedang, masukkan kulit jeruk. Tiriskan.
Lakukan tahapan pertama dan kedua hingga 5 kali. Tiriskan.
Rebus gula dengan 250 ml air hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk, masak hingga kulit jeruk berubah lebih bening. Matikan api.
Biarkan kulit jeruk tetap dalam rendaman gula semalam. Tiriskan di rak kawat sehari semalam hingga kulit jeruk agak mengeras.
Siapkan gula kastor di piring atau mangkok, guling-gulingkan tiap manisan kulit jeruk hingga bagian luarnya tertutup gula. Biarkan di rak kawat sekitar 2 jam.
Sajikan.

TIPS & TRIK:
Usahakan bagian kaki rak kawat terendam air agar manisan tidak diserbu semut ya. Atau kalau ada gunakan saja kapur semut di sekitarnya

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!